Luar Biasa!!! Ternyata Pada Zaman Dahulu Sudah Ada Saluran Air yang Melintasi 5 Kota Besar!

Luar Biasa!!! Ternyata Pada Zaman Dahulu Sudah Ada Saluran Air yang Melintasi 5 Kota Besar!  Sudah banyak penemuan mencengangkan pada masa lampau yang akhir-akhir ini ditemukan oleh para ahli geologi, dimana hal tersebut membuktikan bahwa pada jaman dahulu sudah terdapat peradaban sangat maju yang menghiasi bumi ini.

Salah satu yang cukup mengherankan adalah saluran air bawah tanah yang melintasi 5 kota besar di negara Jordania. Tak pelak, temuan ini langsung menjadi buah bibir bagi para ahli konstruksi dan bangunan pada masa ini.

Seperti kita tahu, saat ini untuk membangun sebuah saluran air yang bisa dimanfaatkan oleh satu kota saja, ada banyak peralatan dan juga teknologi yang harus digunakan.

Namun pada jaman Romawi Kuno atau lebih tepatnya pada 90 Masehi, telah mulai dibangun suatu proyek prestisius yaitu sebuah saluran irigasi terpanjang yang pernah ada dan terletak di bawah tanah. Sangat mengherankan memang, namun memang itulah yang menjadi temuan dari para ahli purbakala yang paling baru saat ini.

Lokasi dan panjang

Terletak pada kekuasaan negara Jornadia dimana lokasinya berbatasan dengan Syiria, saluran dengan total sepanjang 170 km melewati beberapa kota besar yang ada di negara tersebut yaitu Dile, Adraa, Stonebridge, Abila dan juga Gadara.

Berdasarkan hasil penelitian yang ada, saluran yang diperkirakan mulai dibangun pada 90 masehi dan selesai pada 210 masehi ini, ditujukan sebagai alat sarana untuk mengairi perkebunan yang pada saat itu banyak terdapat di Jordania. Dengan memanfaatkan aliran sungai yang berada di Syiria, rencananya saluran ini akan mampu mengairi ratusan hektar kebun yang saat itu mungkin sering dilanda kesulitan air.

Bahan-bahan yang digunakan

Demi untuk mewujudkan proyek ini, penguasa pada saat itu telah menggunakan kurang lebih 600.000 meter kubik batuan yang banyak terdapat pada daerah tersebut sebagai pondasi dan penopangnya. Pada beberapa seksi saluran tersebut, juga telah dirancang sebuah terowongan untuk tempat keluar para pekerja dari dalam tanah atau sering disebut sebagai service tunnel.

Tidak hanya itu saja, tingginya peradaban saat itu juga dibuktikan dengan adanya pos-pos yang didirikan untuk mengukur kedalaman saluran, sehingga bisa didapatkan ukuran kedalaman yang tepat. Sungguh mengagumkan bukan!!

Baca Juga : 5 Spesies Alien yang Sempat Mendarat di Bumi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Dunia Saat Ini © 2017 Frontier Theme