Apakah itu Flatulensi?

Apakah itu Flatulensi? – Pernahkah Anda mendengar flatulensi? Flatulensi ialah keluarnya sebuah gas yang melalui anus, dubur yang dikarenakan akumulasi gas yang berada di dalam perut. Gas ini paling banyak terdapat di kolon atau usus besar.

Peristiwa keluar gas ini sering di sebut dengan kentut atau buang angin. Kentut biasanya memiliki tanda seperti rasa mulas yang ada di perut, serta memiliki bau busuk.

Alasan orang kentut

Kentut ini juga menjadi sebuah pertanda bila seseorang ingin buang air besar, kelebihan makanan yang mampu membuat kentut, efek samping dari obat-obatan tertentu, hingga menderita konstipasi, sembelit.

Kentut ini juga bisa keluar saat seseorang sedang masuk angin. Sebenarnya, apa kandungan dari kentut ini? Kentut memiliki kandungan seperti nitrogen, oksigen, karbondioksida, hidrogen dan metan. Untuk metan ini, biasanya di produksi oleh bakteri, dan ia memiliki sifat yang mudah sekali terbakar.

Bau gas kentut

Gas yang keluar dari kentut dapat berbau sangat menyengat. Hal ini dikarenakan kandungan gas yang bergugus indol serta hidrosulfida yang sudah tercampur. Selain karena berbagai kandungan gas tersebut, hal ini juga dikarenakan indra penciuman yang dimiliki oleh manusia sangat reaktif dengan senyawa-senyawa yang memiliki kandungan gugus ini.

Bau menyengat yang keluar dari kentut ini biasanya cenderung berbeda, tergantung dari makanan yang di konsumsi, bila mereka mengonsumsi makanan yang banyak sekali mengandung seperti kacang-kacangan hingga rempah, ini akan menambah bau khas yang berada di kentut.

Selain itu, ada pula jengkol yang di percaya akan menambah bau menyengat kentut. Oleh sebab itu, jika Anda ingin bau kentut tidak begitu menyengat, hindari makanan berlebihan penyebab kentut ini.

Menahan kentut

Bau khas yang berasal dari kentut ini sebenarnya tidak memiliki hubungan dengan gender atau jenis kelamin. Pria di ketahui memang lebih sering kentut jika di bandingkan dengan wanita.

Hal ini mungkin di sebabkan karena seorang wanita sangat sering menahan untuk kentut dikarenakan estetika. Padahal bila kentut di tahan, perut Anda bisa semakin mulas, bahkan baunya pun menjadi semakin busuk.

Baca Juga : Hal untuk Meng-Hack Bagian Tubuh Kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Dunia Saat Ini © 2017 Frontier Theme