5 Manfaat Luar Biasa dari Air Mata

5 Manfaat Luar Biasa dari Air Mata – Menangis menjadi salah satu wujud luapan emosi ketika seseorang tengah sedih ataupun terluka dan identik dengan kaum perempuan. Namun menangis juga bisa terjadi kepada laki-laki, sebab menangis menjadi bentuk penuturan emosi dan siapa saja bisa melakukannya.

Meskipun menangis lebih identik dengan kelemahan emosi namun aktivitas ini ternyata menyimpan banyak manfaat. Apa saja manfaat air mata? Berikut sedikit pembahasannya:

  1. Membantu menjaga kualitas penglihatan

Menangis mampu menghasilkan air secara alami yang membasahi hampir semua bagian mata, termasuk bagian membran mata. Membran mata seiring bertambahnya usia bisa menjadi kering dan mengakibatkan penglihatan kabur. Lewat menangis secara rutin justru mencegah keringnya membran mata dan penglihatan pun lebih jelas dan terjaga.

  1. Menyembuhkan sakit mata akibat serangan bakteri

Mata merah karena adanya iritasi akibat masuknya bakteri bisa disembuhkan dengan keluarnya air mata. Air mata ternyata mengandung zat antibakteri yang efektif membunuh bakteri yang masuk ke mata sehingga lebih sehat. Sering menangis bukan berarti cengeng namun justru membantu mengatasi mata yang sakit atau teriritasi.

  1. Membantu mengurangi gangguan stress

Ketika stress maka kita akan menjadi orang yang pesimis dalam menjalani segala kegiatan dan cenderung mudah droop kondisi tubuhnya. Namun mengurangi bahaya stress ternyata cukup mudah yakni dengan menangis. Sebab saat menangis maka tubuh akan mengeluarkan hormon endrophin leuchin yang membantu menangkal atau mengurangi hormon penyebab stress.

  1. Memberikan perasaan lega

Menangis yang menunjukkan kondisi emosional seseorang juga membantu mengungkapkan perasaan dan meningkatkan keberanian. Sebab orang yang menangis akan mencurahkan isi hatinya kepada seseorang yang dirasa tepat. Usai menceritakan kondisi dan perasaannya maka seseorang akan merasa lebih lega dan sedikit terangkat beban pikirannya.

  1. Mempererat jalinan silaturahmi

Ketika menangis maka seseorang akan mencari teman untuk berbagi, lewat menangis mampu membantu membentuk mood. Kemudian bagi teman yang menjadi pendengar akan lebih empati dan memberikan perhatian kepada si pencerita. Efeknya adalah hubungan atau silaturahmi antara keduanya akan semakin erat dan lebih dekat.

Baca Juga : Ini Asal Mula Kata FUCK Digunakan untuk Mengungkapkan Kekesalan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Informasi Dunia Saat Ini © 2017 Frontier Theme